Varian atau Jenis Botol Kaca ASI

Botol kaca ASI ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh botol dari bahan lain, yaitu tahan panas. Proses pemanasan sangat penting untuk mencairkan ASI setelah membeku karena disimpan di freezer.

Varian /jenis botol kaca ASI sendiri ada banyak macamnya, diantaranya adalah jenis botol rekondisi atau bekas, biasanya menggunakan botol kemasan minuman, tentu saja harus dicuci bersih dan steril terlebih dahulu sebelum digunakan. Meski demikian, menggunakan botol ini sangat tidak dianjurkan karena tutupnya yang terbuat dari tembaga atau seng akan mudah mengalami korosi atau berkarat.

Tentu ini akan membahayakan kesehatan buah hati, karena bisa jadi ASI yang disimpan didalamnya terkontaminasi dengan kimia berbahaya. Selanjutnya adalagi botol kaca ASI Vial. Kekurangan jenis botol ini ada pada bibir botolnya yang kecil, sehingga beresiko tumpah ketika menuangkannya atau kesulitan dalam memerah ASI.

Selain kedua varian /jenis botol kaca ASI tersebut, adalagi botol kaca ASI yang lebih ideal dan banyak dipilih oleh para ibu sebagai botol kaca penyimpanan ASI perah, yaitu jenis wideneck atau botol kaca dengan mulut lebar. Ketika memiliki jenis botol kaca ASI tersebut, usahakan untuk memilih yang tutupnya terbuat dari karet, karena bahan ini lebih aman dan mudah dibersihkan jika dibandingkan dengan tutup botol dari bahan tembaga atau seng.