3 Tips Lancar Menyusui Saat Puasa

Marhaban Ya Ramadhan..

Puasa ramadhan wajib dijalankan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia, tidak terkecuali untuk ibu hamil dan menyusui. Namun Islam memberikan kelonggaran bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa dibulan ramadhan, namun tetap menggantinya di bulan lain atau dengan cara membayar fidyah.

Lalu bagaimana dengan ibu yang tetap ingin menyusui walaupun sedang berpuasa?
Niat untuk tetap ingin menjalankan ibadah puasa dan tetap ingin menyusui adalah motivasi yang paling kuat untuk tetap berpuasa di bulan ramadhan. Namun jika dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan misalkan puasa berpengaruh pada produksi ASI Islam menyarankan untuk tidak berpuasa.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar produksi ASI selama sahabat ASI berpuasa tetap lancar dan berkualitas :

  1. Perbanyak mengkonsumsi cairan seperti air putih, teh manis hangat, jus buah dan susu.
  2. Istirahat yang cukup, adalah wajar jika Sahabat ASI merasa lemas sehabis menyusui apalagi sedang berpuasa, istirahatlah sejenak walau sekedar rileks
  3. Imbangi asupan dengan nilai gizi yang seimbang, ibu yang sedang menyusui membutuhkan tambahan 700 kalori per hari, Sahabat ASI yang berpuasa tetap harus mempertahankan pola makan 3x sehari dengan gizi yang seimbang, yaitu saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur setelah selesai melaksanakan ibadah tarawih.