Tips Memerah ASI untuk Ibu Bekerja

Dalam memerah ASI ada beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh Sahabat ASI, diantaranya adalah :

  1. Jadwal, perhatikan jadwal pemerahan ASI. Dalam hal ini bunda harus disiplin dalam memerah, paling tidak setiap 3 jam sekali ASI harus diperah supaya merangsang payudara untuk tetap lancar memproduksi ASI.
  2. Lakukan pijatan lembut di sekitar payudara sebelum memerah, Sahabat ASI juga bisa mengompres payudara dengan menggunakan air hangat
  3. Kita tentu mengalami bahwa memerah ASI merupakan proses yang membosankan dan kadang diperlukan semangat yang lebih untuk mulai melakukannya. Melihat foto, kembali ke niat awal kita untuk tetap memberikan ASI kepada sang buah hati atau sekedar bertanya kepada pengasuh dirumah apa yang sedang dilakukan oleh si kecil merupakan salah satu cara yang mampu memotivasi kita untuk tetap semangat memerah ASI.
  4. Carilah tempat memerah ASI yang nyaman bagi kita, bisa juga memerah sambil mendengarkan suara alunan musik atau sambil membaca majalah, hal ini dilakukan agar saat memerah ASI bunda dalam keadaan rileks sehingga ASI menjadi lancar ketika di perah.
  5. Memerah juga bisa dilakukan sambil menyusui loh bunda, dan umumnya hasil perah yang di dapat juga lebih banyak. Susui bayi di payudara sebelah kanan dan payudara kiri untuk diperah.

Selamat mencoba :)