Tips Lancar ASI Untuk Ibu Bekerja

Meskipun Sahabat ASI memiliki kesibukan lain di luar rumah, namun tidak berarti Sahabat ASI harus melewatkan momen pemberian ASI pada si buah hati. Ada beberapa tips yang dapat diikuti untuk pemberian ASI eksklusif bagi ibu yang sedang bekerja. Berikut diantaranya:

  1. Berikan ASI secara maksimal sebelum berangkat kerja.
  2. Lakukan perah ASI setidaknya setiap 3-4 jam, simpan pada botol yang steril. Tentu saja ini untuk persediaan bagi si buah hati ketika ibu meninggalkannya untuk keperluan kerja.
  3. Seringkali ASI yang diperah pada malam hari tidak mencukupi kebutuhan ASI si kecil dalam sehari. Sahabat ASI tidak perlu khawatir, karena Sahabat ASI pun masih dapat melakukan pemerahan ASI di kantor atau di tempat kerja dan kemudian mengirimkannya dengan menggunakan jasa kurir ASI perah.
  4. Pastikan bahwa ketika memerah ASI kondisi ibu benar-benar rileks dan nyaman agar ASI yang diperah dapat keluar secara maksimal.
  5. Sahabat ASI harus memastikan bahwa semua peralatan yang akan digunakan untuk melakukan perah ASI baik botol penampung maupun alat perah telah disterilkan. Untuk membersihkan botol tempat ASI perah Sahabat ASI dapat melakukannya dengan merendam pada air bersuhu 70-100 derajat, sementara untuk alat perah dapat dibersihkan setelah selesai digunakan.
  6. Hindari pemberian ASI perah dengan menggunakan botol atau dot agar si kecil tidak mengalami bingung puting. Sebaiknya berikan ASI perah menggunakan cangkir atau sendok.