Tentang Mastitis

Mastitis merupakan penyakit payudara yang biasa terjadi bagi ibu setelah melahirkan atau pada periode menyusui. Mastitis ditandai dengan gejala payudara membengkak, timbulnya rasa sakit dan rasa tidak nyaman serta warna kemerahan di sekitar payudara. Mastitis dapat menyerang pada salah satu sisi payudara namun mungkin pula menyerang kedua payudara.

Mastitis terjadi karena adanya sumbatan pada saluran ASI hingga puting mengalami sumbatan. Jika tidak segera diatasi mastitis dapat memicung peningkatan suhu tubuh dan menimbulkan rasa lemah dan lelah berlebih.

Seorang perempuan dapat mengalami mastitis berkali-kali dalam satu periode melahirkan dan menyusui. Oleh sebab itu, sahabat asi harus pandai dalam menjaga kebersihan puting payudara ketika tengah menyusui dan menjaga kondisi tubuh.

Mastitis dapat disebabkan karena peradangan biasa atau oleh agen infeksi seperti bakteri dan jamur. Berikut adalah beberapa jenis bakteri yang dapat mengakibatkan mastitis:

Stasis ASI

Ini merupakan penyebab primer mastitis yang berkembang menuju infeksi. Statis ASI terjadi ketika ASI tidak dikeluarkan dengan efisien dari payudara.

Infeksi Jamur atau Bakteri

Organisme paling sering ditemukan pada penderita mastitis adalah jenis Stapylococcus aureus, Escheria colli, Staph albus, dan Streptococcus. Rute infeksi melalui payudara hingga saat ini belum diketahui, namun kuat dugaan melalui duktus laktiferus ke dalam lobus dengan penyebaran hematogen dan melalui fisura putting ke dalam system limfatik.