Tentang Bedong Bayi

Hingga saat ini masih banyak ibu yang membedong bayi mereka, sebagian dari sahabat asi pun mungkin melakukan hal yang sama untuk si buah hati. Lantas apa sebenarnya manfaat dari membedong bayi dan adakah sisi negatif atau efek samping dari aktivitas membedong ini? berikut kita akan bahas mengenai apa saja sisi positif dan negataif dari bedong bayi :

Sisi positif bedong bayi :

Kaki Lurus dan Tidak Bengkok

Dengan membedong bayi, maka otomatis posisi kakinya akan diluruskan sehingga dapat menghindari terjadi kaki bengkok. Namun bayi yang dibedong tidak lantas terlepa dari resiko kaki bengkok, karena kaki bengkok juga dapat diakibatkan oleh keturunan dan faktor lainnya.

Bayi lebih hangat

Dengan membedong tubuh bayi, secara otomatis mereka akan merasa lebih hangat, apalagi ketika musim hujan tiba, maka bedong akan sangat menyenangkan bagi si kecil karena ia merasa lebih hangat dan nyaman.

Sisi negatif dari bedong bayi :

Bedong Menimbulkan Ruam

Tubuh bayi yang dibedong tentu dapat menjadi lembab sehingga beresiko tinggi terkena iritasi kulit atau timbul ruam. Hal ini dapat terjadi jika bedong dilakukan sepanjang siang dan malam sementara suhu ruangan atau lingkungan panas. Sebaiknya membedong bayi tidak dilakukan secara terus menerus untuk menghindari kulit menjadi lembab dan beresiko tinggi terkena ruam.

Sulit bergerak

Ketika dibedong tentu saja si kecil akan mengalami kesulitan dalam menggerakkan tubuhnya, selain membuatnya kurang nyaman hal ini juga dapat menghambat perkembangannya. Karena bayi menjadi tidak aktif dan cenderung hanya diam.