Sumber Asam Lemak dan Omega-3

Tahukan Sahabat ASI, ikan salmon bukan hanya enak namun banyak sekali manfaatnya. Ikan ini merupakan salah satu makanan yang kaya
akan asam lemak omega-3 sekaligus sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik.

Omega-3 dikenal sebagai sahabat otak yang mampu meningkatkan kecerdasan terutama bagi anak-anak. Oleh karena itu jangan ragu untuk memilih ikan salmon sebagai menu utama pada makanan anak ya Sahabat ASI.

Selain ikan salmon ada beberapa jenis makanan yang mengandung omega-3 sekaligus merupakan sumber protein, vitamin dan mineral antara lain :

  1. Kembang kol adalah jenis sayuran yang kaya akan asam lemak omega 3. Nutrisi yang terdapat dalam brokoli adalah magnesium, kalium dan niasin yang mendukung kesejatan jantung.
  2. Kacang Kedelai mengandung banyak sekali nutrisi seperti serat, protein, zat besi, kalsium, vit K dan folat.
  3. Telur merupakan makanan yang banyak sekali mengandung protein dan asam lemak omega-3, hanya saja bagi orang dewasa yang mempunyai masalah kolesterol harus membatasi mengkonsumsi telur terutama kuning telur.
  4. Bayam, merupakan sayuran yang rendah kalorinamun kaya akan zat besi, selain itu bayam juga kaya akan asam lemak dan omega-3.
  5. Belut, beberapa dari kita mungkin ada yang merasa geli dengan makanan yang satu ini, namun tahukah Sahabat ASI bahwa belut banyak mengandung lemak esensial omega-3 yang baik untuk perkembangan otak dan kecerdasan otak pada anak.

Nah Sahabat ASI kita sudah memaparkan beberapa makanan yang banyak mengandung asam lemak dan omega-3, jadi jangan ragu ya untuk memberikannya kepada buah hati, karena omega-3 dinilai mampu meningkatkan kecerdasan otak anak.