Ruam Asi Pada Kulit Bayi

Sahabat asi mungkin telah sering menjumpai bayi dengan kondisi bintik-bintik merah. Ini merupakan ruam susu. Ruam susu adalah  bintik-bintik merah yang biasanya terdapat pada bagian muka sang bayi. Sebagian orang mengira bahwa ASI merupakan penyebab terjadinya gangguan kulit ini, namun dugaan tersebut ternyata tidak benar. Ruam susu biasanya terjadi pada bayi dengan orangtua yang memiliki riwayat alergi atau bayi yang menerima ASI dari ibu yang mengonsumsi telur, daging ayam, kacang-kacangan atau makanan penyebab alergi lainnya. Berikut adalah beberapa cara mengatasi ruam susu yang dapat sahabat asi lakukan untuk si buah hati:

  1. Sahabat asi yang sedang dalam periode menyusui sebaiknya menghindari makanan-makanan yang dapat memicu alergi. Sebah makanan yang dikonsumsi oleh ibu juga dapat berpengaruh pada ASI.
  2. Oleskan lotion bayi pada kulit yang mengalami ruam. Selain itu, lotion juga dapat menjaga kulit bayi agar tidak kering dan mengurangi rasa gatal.
  3. Segera bersihkan ASI yang menetes pada pipi bayi, jangan sampai ASI tersebut mengering.
  4. Lindungi si buah hati dari paparan sinar matahari, terutama pada siang hari agar kulit yang terkena ruam tidak semakin parah. Meski demikian, sahabat asi masih dierkenankan untuk menjemur buah hati di bawah matahari pagi.
  5. Ciptakan kondisi ruang atau lingkungan yang sejuk, karena ruangan atau lingkunga yang sejuk dapat meredakan keluhan ruam susu pada bayi.