Posisi Menyusui yang Nyaman

Sahabat ASI BKA, kita tentunya setuju bahwa ASI merupakan gizi terbaik yang kita berikan kepada buah hati kita, selain itu juga bisa merekatkan hubungan kita sebagai ibu dengan anak kita tercinta. Mengapa demikian karena kontak kulit yang terjadi antara buah hati dan kita saat menyusui akan melepaskan hormon oksitosin, yaitu hormon yang membuat tenang dan nyaman dan buah hati pun akan merasa terlindungi, selain itu hormon koleksitokinin yang terdapat dalam asi membuat bayi menjadi lebih mudah tertidur.

Namun dalam proses memberikan ASI tidak sedikit dari kita merasakan sakit di sekitar puting, timbul pertanyaan pada kita apakah posisi menyusui yang salah atau ada faktor lain.

Sebenarnya tidak ada posisi yang terbaik saat menyusui, yang ada hanyalah bagaimana kita membuat posisi menyusui kita nyaman untuk kita dan tentunya untuk sang bayi dan itu yang paling penting.

Ada banyak posisi menyusui yang bisa kita lakukan baik itu duduk sambil bersandar, posisi tidur menyamping atau bisa juga kita letakkan si bayi diatas tubuh kita yang perlu diingat pada saat menyusui posisi mulut bayi harus menempel di payudara. Sering terjadi payudara lecet adalah salah satu faktor bahwa mulut bayi tidak menempel dengan benar pada payudara.

Rasa nyaman harus kita ciptakan saat menyusui karena ini akan membuat kita dan bayi menjadi lebih rileks sehingga menyusui berjalan dengan baik dan kita bisa menikmati prosesnya.