Perlukah Suplemen Dimasa Kehamilan?

Pada masa kehamilan menjaga kesehatan adalah hal yang paling utama, karena jika ibu sehat pasti bayi yang ada dalam kandungan juga akan sehat. Menjaga pola makan dengan nilai gizi yang baik akan membantu menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin.

Mendapatkan anak yang cerdas dan sehat adalah dambaan setiap orang tua dan untuk itu mulai dari awal kehamilan sampai setelah melahirkan ibu harus menjaga kesehatannya, karena setelah melahirkan masih ada proses yang tidak kalah pentingnya yaitu menyusui.

Dokter atau bidan biasanya menyarankan kita untuk mengkonsumsi vitamin selama masa kehamilan, namun pertanyaannya seberapa pentingkah kita mengkonsumsi vit atau suplemen saat mengandung?

Jawabannya adalah tergantung pada kondisi sang ibu, karena kondisi kehamilan pada masing-masing ibu berbeda. Dokter atau bidan memberikan vitamin atau suplemen tambahan biasanya karena dapat membantu untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan selama hamil.

Dimasa-masa awal kehamilan kebanyakan ibu mengalami rasa mual dan muntah sehingga setiap yang dimakan oleh ibu cenderung untuk ke keluarkan lagi, karenanya asupan makan menjadi sedikit dan butuh vitamin atau suplemen untuk menjaga keseimbangan makanan yang dibutuhkan oleh ibu selama hamil.

Saat mengandung ibu tidak boleh kekurangan asam folat, kekurangan asam folat dapat mengakibatkan janin tidak berkembang dengan baik, sehinggan bisa mengakibatkan cacat pada bayi yang ada dikandungannya, selain itu asam folat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan timidin. Timidin adalah salah satu komponen pembentuk DNA, fungsinya adalah mencegah kerusakan saraf. Kebutuhan asam folat pada ibu hamil adalah 600 gram. Asam folat berguna untuk mencegah cacat lahir dan keterbelakangan mental.

Darimanakah kita bisa dapatkan asam folat? Asam folat banyak ditemukan pada sayur-sayuran yang berwarna hijau, termasuk pada olahan makanan yang berasal dari sayuran yang berwarna hijau. Nilai kandungan asam folat yang paling tinggi terdapat pada asparagus mentah, yaitu 69,68 gram/cup.

Kandungan asam folat pada sayur-sayuran juga mudah berkurang akibat proses pengolahan, oleh karena itu dokter atau bidan cenderung memberikan vitamin atau suplemen selama masa kehamilan. Nilai asam folat yang dibutuhkan dalam sehari adalah 500-1000 mcg.