Penggunaan Minyak Telon

Sahabat asi tentunya tidak asing ya dengan minyak telon. Ini merupakan salah satu kebutuhan pokok si kecil. Hampir semua ibu menggunakan minyak telon untuk buah hati mereka, baik untuk tujuan menghangatkan dan memberi rasa nyaman pada bayi maupun untuk tujuan mengharumkan bayi.

Ada banyak manfaat dalam penggunaan minyak telon untuk bayi yang harus sahabat asi ketahui, namun perlu diingat juga, ada efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan minyak telon, terutama untuk kondisi-kondisi tertentu. Berikut adalah gambaran umum bagaimana manfaat dan efek samping dari penggunaan minyak telon untuk bayi :

Manfaat :

Menghangatkan Tubuh Bayi

Minyak telon dipercaya mampu menghangatkan tubuh bayi terutama setelah mandi. Kandungan minyak kayu putih dalam minyak telon inilah yang berperan dalam menghangatkan tubuh bayi.

Mengobati Kembung

Bayi lebih sering mengalami kembung, baik disebabkan oleh suhu dingin maupun konsumsi asi berlebihan. Salah satu cara ampuh untuk mengatasi kembung pada bayi adalah dengan mengoleskan minyak telon pada bagian perut sang bayi.

Menghindari Alergi Kulit

Kulit bayi yang masih sangat tipis dan cenderung sensitif mudah mengalami gangguan atau bahkan alergi. Dengan mengoleskan minyak telon pada permukaan kulit bayi akan mampu menurunkan resiko terjadinya alergi atau keluhan pada kulit.

Aroma Khas

Aroma khas pada minyak telon mampu memberikan sensasi rasa nyaman bagi bayi sahabat asi, selain itu aroma dari minyak telon ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang disekitar bayi, seperti orang tua, saudara dll.

Efek Samping :

  1. Minyak telon yang diproduksi secara sembarang oleh produsen yang tidak memiliki lisensi dapat membahayakan bayi, mulai dari gangguan pada kulit hingga penyakit serius.
  2. Bayi dengan kondisi tertentu memiliki kecenderungan alergi terhadap minyak telon. Sehingga peakaian minyak telon dapat mengakibatkan gangguan kesehatan atau membuatnya merasa tidak nyaman.