Merangsang ASI Saat Hamil

Memersiapkan ASI untuk si buah hati dapat dilakukan sejak sahabat asi masih dalam masa kehamilan. Ada beberapa cara yang terbukti ampuh dalam merangsang ASI saat hamil, berikut diantaranya:

Jangan Menggunakan BH Terlalu Ketat

Hindari penggunaan BH yang terlalu ketat, karena ini dapat mengganggu sirkulasi atau peredaran darah pada area di sekitar payudara yang pada akhirnya juga dapat menghambat produksi ASI.

Perhatikan Nutrisi pada Masa Kehamilan

Nutrisi yang diasup oleh seorang ibu yang sedang ada dalam masa kehamilan harus sangat diperhatikan. Karena ini akan sangat mempengaruhi kesehatan bagi ibu hamil maupun janin yang dikandung. Demikian pula untuk produksi ASI, peran nutrisi sangat vital dalam perangsangan ASI pada masa kehamilan.

Mengonsumsi Makanan yang Dipercaya Dapat Meningkatkan Produksi ASI

Daun katuk merupakan salah satu tumbuhan paling ampuh untuk membantu efektivitas produksi ASI ibu menyusui.  Kandungan nutrisi dalam daun katuk cukup lengkap seperti mineral kalium, vitamin A, C, E, B1, protein, zat besi dan fosfor. Sahabat asi pun dapat membiasakannya sejak masih dalam periode kehamilan.

Banyak Minum Air Putih

Air putih merupakan sumber kehidupan, baik hamil ataupun tidak air putih sangat dibutuhkan tubuh. Apalagi sebagian besar komponen ASI merupakan air, sehingga sahabat asi harus memastikan untuk tidak kekurangan air.

Melakukan Terapi Pijat Payudara

Memasuki trimester terakhir mulailah untuk rajin melakukan terapi pijat payudara dua kali sehari. Lakukan gerakan melingkar ke arah luar dari bawah ke atas untuk payudara bagian kanan maupun kiri. Jangan terlalu keras dalam melakukannya. Kemudian setelah itu, kompres menggunakan air hangat.