Mencegah Bayi Rewel Tengah Malam

Sahabat asi bingung karena si buah hati selalu rewel dan menagis di tengah malam? ini merupakan masalah umum yang sering dihadapi oleh orang tua baru. Menenangkan dan segera menidurkannya tentu merupakan tindakan yang harus dilakukan. Namun sebelum melakukan hal itu, sahabat asi harus mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya yang menyebabkan bayi rewel dan menagis di tengah malam. Dengan mengetahui sebabnya tentu akan semakin mudah dalam menenangkan dan melakukan pencegahannya. Berikut ini adalah beberapa sebab bayi rewel dan bagaimana mencegahnya:

  1. Karena terganggu waktu tidurnya : buat suasana senyaman mungkin bagi si buah hati, musalnya dengan mengatur suhu ruangan, cahaya dan alas tidurnya.
  2. Karena lapar : berikan ASI menjelang tidur malam agar bayi kenyang dalam jangka waktu lama, dapat tidur pulas dan tidak rewel lagi.
  3. Karena dingin : pakaikan kaus kaki serta selimuti agar si kecil tetap hangat, sahabat asi juga dapat mengoleskan minyak telon yang hangat untuk membantu menghangatkan suhu tubuhnya.
  4. Karena popok basah atau penuh : segera ganti popoknya dan bersihkan seputar alat genetalianya sampai bersih dan keringkan.
  5. Karena kolik : jika penyebabnya adalah kolik, segera gendong bayi dalam posisi rebah di dada sahabat asi dan elus-elus atau tepuk-tepuk punggungnya. Terkadang gerakan teratur ketika sahabat asi melangkah sambil menggendongnya, membuat si kecil merasa nyaman dan tertidur kembali.