Manfaat Menyusui Bagi Ibu

Beberapa waktu lalu kita sempat membahas tentang manfaat ASI bagi bayi ya Sahabat ASI, nah sekarang ini kita akan membahas manfaat ASI bagi ibu.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa manfaat ASI untuk buah hati sangatlah penting, khususnya untuk mendukung tumbuh kembangnya.

ASI terdapat banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh buah hati kita baik secara fisik maupun mental. Bukan hanya itu ASI juga dapat memberikan ikatan batin antara ibu dan anak. Itulah alasan mengapa asi eksklusif sangatlah penting bagi buah hati tercinta kita.

Menyusui bukan hanya baik bagi perkembangan buah hati namun juga memberikan manfaat yang baik pula bagi ibu yang menyusui, apa sajakah manfaat bagi ibu yang menyusui, manfaatnya adalah :

  1. Setelah melahirkan ada perbedaan ukuran berat badan yang terjadi pada ibu, menyusui dapat membantu ibu untuk mengurangi berat badan pasca melahirkan sang buah hati
  2. Mengurangi resiko kanker payudara dan kanker rahim pada ibu
  3. Merupakan ungkapan kasih sayang yang sejati dari ibu untuk buah hati
  4. Mencegah pendarahan setelah proses melahirkan
  5. Membantu mempercepat penyembuhan luka setelah melahirkan
  6. Mempercepat proses kembalinya rahim ke ukuran normal
  7. Secara psikologis menyusui dapat mengurangi depresi setelah melahirkan
  8. Mengurangi resiko diabetes bagi ibu
  9. karena ASI sangat praktis dan ekonomis
  10. Merupakan alat kontrasepsi yang alami, karena ibu yang menyusui untuk sementara waktu tidak subur, masa suburnya tergantung pola menyusui yang ibu lakukan
  11. Ibu yang menyususi akan mengeluarkan zat yang disebut oxytoxin, zat ini akan menimbulkan perasaan tenang dan nyaman pada ibu

Nah sahabat ASI masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menyusui loh, semoga informasi ini semakin menambah semangat kita dalam memberikan ASI secara eksklusif untuk buah hati tercinta.