Manfaat ASI untuk Buah Hati

Banyak sekali alasan untuk kita tetap memberikan ASI eksklusif kepada buah hati kita, manfaat baik bukan hanya untuk buah hati kita saja namun juga untuk kita sebagai ibu.

Maraknya iklan susu formula yang ditampilkan di televisi dan sedikitnya informasi tentang ASI yang didapatkan ibu mungkin merupakan salah satu faktor mengapa masih banyak masyarakat kita yang belum memberikan ASI secara eksklusif kepada sang buah hati.

Secara alamiah ASI merupakan anugerah yang harus di syukuri yang kita dapatkan, inilah hal terbaik yang diberikan sang pencipta untuk ibu kepada buah hatinya. Di dalam ASI terdapat lebih dari 100 jenis nutrisi yang sangat baik untuk bayi, yang tidak akan pernah tergantikan dengan susu formula dengan merk apapun. Susu formula bisa kita berikan kepada buah hati kita pada saat-saat sangat dibutuhkan, misalnya saja ibu tidak dapat menyusui karena faktor kesehatan misalnya atau faktor lain yang menyebabkan ASI tidak dapat keluar.

Berikut adalah manfaat yang didapatkan buah hati kita dari ASI eksklusif yang kita berikan :

  1. Meningkatnya kekebalan tubuh bayi
  2. Mengurangi masalah pencernaan bagi bayi, karena ASI sangat mudah di cerna oleh tubuh bayi
  3. Sebagai antibody yang sangat baik bagi bayi, antibody berfungsi untuk melawan penyakit
  4. Baik untuk perkembangan anak, khususnya mental
  5. Mengandung zat yang beguna bagi perkembangan anak, khususnya diawal-awal masa pertumbuhan bayi
  6. Secara psikologis menyusui akan meningkatkan hubungan batin yang baik dengan ibu
  7. ASI dapat membantu perkembangan otak bayi, bahkan penelitian membuktikan bahwa anak ASI memiliki 6 point lebih tinggi IQ-nya dibandingkan dengan anak yang tidak mengkonsumsi ASI.
  8. Hormon dalam asi yang dapat memberikan rasa ngantuk dan nyaman bagi bayi, hal ini bermanfaat untuk menenangkan bayi

Semua manfaat yang disebutkan diatas sangat mendukung kesehatan buah hati kita, dan tidak akan tergantikan oleh susu formula dengan merk apapun.