Manfaat ASI Eksklusif Untuk Ibu

Tahukah Sahabat ASI bahwa selain sangat bermanfaat untuk sang buah hati, memberikan ASI secara eksklusif untuk buah hati juga memiliki manfaat untuk ibu. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh ibu dari program ASI eksklusif.

Mencegah Perdarahan

Memberikan ASI pada bayi dengan segera usai lahir dapat memicu terjadinya kontraksi rahim dan mencegah terjadinya perdarahan. Reaksi ini juga dapat membantu mempercepat proses kembalinya rahim ke posisi semula.

Ungkapan Kasih Sayang

Memberikan ASI juga merupakan ungkapan kasih sayang yang nyata dari Sahabat ASI kepada buah hati. Hubungan batin yang kuat antara ibu dan bayi akan terjalin erat karena saat menyusui bayi terjadi kontak kulit.

Mengurangi Berat Badan

Menyusui juga dapat membantu ibu menurunkan berat badan. Karena ketika menyusui kalori sebesar 200 hingga 500 akan terbakar. Jumlah yang sama ketika Sahabat ASI berenang selama beberapa jam atau naik sepeda selama satu jam.

Sebagai Alat Kontrasepsi

Hisapan bayi pada payudara ibu dapat merangsang hormon prolaktin. Ini merupakan salah satu hormon yang dapat menghambat terjadinya pematangan sel telur sehingga menunda kesuburan.

Mengurangi Resiko Terkena Kanker Payudara dan Kanker Rahim

Menyusui dapat mengurangi resiko terjadnya kanker payudara. Persentase pencegahannya mencapai 20%. Bahkan beberapa laporan menyebutkan bahwa menyusui juga dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker indung telur serta kanker rahim.