Makanan Pelancar ASI

Sahabat ASI pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati, begitu pula dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya. Cara terbaik dalam hal ini adalah dengan mengoptimalkan produksi ASI. Ada beberapa jenis makanan yang terbukti berkhasiat dalam meningkatkan produki ASI, berikut diantaranya:

Daun Katuk

Daun katuk mengandung zat besi, kalium, protein, fosfor, vitamin A, B1 serta C dan mengandung alkaloid dan sterol yang sangat mempengaruhi produksi ASI. Baik untuk memperlancar ASI karena mengandung asam seskuiterna. Bahkan sebuah penelitian mengungkap bahwa konsumsi daun katuk dapat meningkatkan produksi ASI hingga 50%.

Bayam

Dalam bayam mengandung zat besi, protein, thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, kalium, FOSFOR, vitamin A, B6, C, E, dan K. Bayam rendah kalori, sama sekali tidak mengandung lemak, namun kaya akan nutrisi. Kepekatan warna bayam menunjukkan tingginya kandungan karoten yang  bermanfaat untuk melawan radikal bebas.

Kacang hijau

Kacang hijau kaya akan protein, vitamin B1, zat besi, fosfor, magnesium, kalium dan mangan. Baik untuk sumber protein nabati. Apabila kekurangan vitamin B1 sahabat asi jadi mudah tersinggung, sulit konsentrasi dan kurang bersemangat. Padahal mood yang baik akan memicu hormon oksitosin untuk mengeluarkan ASI.

Pare

Pare sangat kaya akan vitamin C dan anti oksidan yang berguna untuk melindungi sel dari kerusakan, meningkatkan kesehatan tulang, gusi, gigi, pembuluh darah, serta meningkatkan penyerapan zat besi. Pare juga dikenal sebagai makanan antikanker, antivirus, antibiotik dan pembasmi cacing usus.