Makanan Pantang Untuk Ibu ASI

Sahabat ASI tentu ingin ASI untuk buah hati dapat diberikan secara optimal. Oleh sebab itulah menjaga kualitas maupun kuantitas ASI harus dilakukan, salah satunya adalah dengan menjaga pola makan. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari Sahabat ASI. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Jenis ikan yang mengandung logam berat merkuri dengan kadar yang tinggi, seperti ikan hiu, ikan makarel, ikan tuna dengan konsumsi lebih dari 170 gram per minggu. Merkuri dapat merusak sistem saraf dan otak si Kecil pada masa pertumbuhan. Sebaiknya Ibu mengonsumsi ikan segar dan yang berukuran kecil.
  2. Kurangi konsumsi karbohidrat dari nasi, Sahabat ASI dapat menggantinya dengan karbohidrat kompleks yang terdapat pada beras merah.
  3. Hindari pemanis buatan seperti sakarin dan Makanan dengan pengawet buatan.
  4. Daging berlemak
  5. Hindari komsumsi segala jenis obat yang bukan merupakan resep dari dokter
  6. Kurangi makanan instan dan cepat saji apalagi untuk jenis makanan kaleng yang tahan lama.
  7. Alkohol, Rokok dan Kurangi konsumsi kafein yang terdapat pada kopi, teh, coklat dan beberapa jenis minuman ringan maupun obat. Sahabat ASI yang sedang menyusui masih ditolelir untuk mengonsumsi kopi 1 cangkir sehari. Namun perlu diketahui bahwa sebagian bayi dapat mengalami gangguan kesehatan akibat kafein yang dikonsumsi Ibu dan kemudian diteruskan melalui ASI.