Komposisi Asi

Sahabat ASI tentu sudah tahu kan bahwa satu-satunya makanan sekaligus minuman sumber zat gizi yang paling sempurna bagi bayi  adalah ASI. ASI mengandung gizi yang sangat lengkap untuk kebutuhan tumbuh dan kembang bayi, berikut beberapa diantaranya:

Karbohidrat

Karbohidrat utama dari ASI adalah laktosa yang sesuai dengan kondisi biologis atau sistem pencernaan bayi. Laktosa atau gula susu ini berperan penting sebagai sumber energi.

Lemak

Lemak merupakan sumber kalori atau energi utama yang terdapat di dalam ASI.  Kadar lemak ASI berubah-ubah secara dinamis sesuai dengan kebutuhan gizi bayi dari hari ke hari. Lemak sendiri dapat diolah dan diserap secara baik karena dalam ASI sekaligus terdapat enzim lipase yang bertugas membantu proses metabolisme lemak.

Protein

Pada ASI, jenis proteinnya adalah whey yang memiliki ukuran molekul lebih jauh lebih kecil dari ukuran molekul protein lain. Sehingga menjadikannya dapat dicerna dengan baik oleh bayi. Komponen dasar dari protein adalah asam amino yang berfungsi sebagai pembentuk struktur otak. Protein juga berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan sistem kekebalan tubuh, menyempurnakan fungsi pencernaan dan pertumbuhan otak.

Vitamin Dan Mineral

ASI mengandung vitamin dan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tumbuh kembang bayi. Zat gizi mikro penting tersebut antara lain vitamin A, C, D, B1, zat besi, kalsium, mineral, fosfor dan masih banyak lagi yang lainnya.