Kebutuhan ASI Bayi Terhadap Umurnya

Kebutuhan ASI bayi terhadap umurnya pada satu bayi memang akan berbeda dengan bayi yang lainnya. Ada bayi yang baru berumur satu minggu, kebutuhan asinya sangat banyak dan hampir setiap waktu merasa lapar. Sementara bayi lainnya mungkin hanya menyusu pada beberapa jam sekali atau jika lapar saja.

Pada dasarnya memang tidak ada takaran khusus berapa kebutuhan bayi minum ASI pada setiap tahap perkembangan usianya. Karena hal ini bersifat on demand yang mana bayi akan menyusu jika memang lapar atau haus, kemudian melepaskannya jika sudah merasa kenyang atau cukup. Demikian seterusnya, bayi akan kembali meminta dan melepaskan. Sehingga kesimpulannya adalah bayi lebih mengetahui seberapa banyak kebutuhan ASI-nya dalam sehari.

Namun ada masalah dimana bayi sulit untuk menyusu atau minum ASI dengan cara apapun. Hal ini tentu akan membuat Sahabat ASI merasa khawatir bayi akan mengalami dehidrasi atau malnutrisi. Padahal seharusnya ketika bertambah usia bayi, maka kebutuhan ASI-nya pun akan semakin tinggi. Pada kasus demikian, sahabat ASI dapat menyiasatinya dengan memberikan ASI menggunakan sendok atau cangkir khusus.

Jika masalah ini terjadi pada bayi usia 6 bulan dimana ia sudah menerima makanan pendampin ASI, maka Sahabat ASI tidak perlu khawatir karena asupan nutrisinya telah dibantu dari makanan yang ia konsumsi. Sehingga wajar jika pada usia ini kebutuhan ASI-nya menurun.