Kebutuhan Asi Bayi Dan Berat Badannya

Kebutuhan ASI bayi dan berat badannya tentu sangat erat kaitannya.
Biasanya jika bayi banyak minum ASI, maka pertumbuhannya akan bagus sehingga berdampak pada berat badannya yang terus meningkat, demikian sebaliknya, jika bayi susah minum ASI bisa jadi pertumbuhan berat badannya akan lebih lambat.

Pada bayi yang memiliki berat badan gemuk tentu kebutuhan ASInya akan lebih banyak jika dibandingkan dengan bayi yang kurus. Namun tidak menutup kemungkinan untuk bayi gemuk hanya akan minum sedikit ASI sementara bayi kurus minum banyak ASI.

Faktor lain yang mempengaruhi selain berat badan dan ukuran organ tubuhnya yang telah berkembang adalah karena faktor gen.
Bayi yang dilahirkan dengan orang tua obesitas atau cenderung bertubuh besar, ukuran tubuhnya pun akan cenderung besar tanpa banyak minum ASI.

Demikian pula sebaliknya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa asupan ASI bayi tidak sepenuhnya mempengaruhi pertumbuhan dan pertambahan berat badannya. Tetapi ada faktor lain seperti genetik, kesehatan, kualitas tidur dan lain-lain.

Seiring dengan pertambahan usia dan berat badan bayi, kebutuhan ASI memang akan semakin banyak, namun jika bayi telah memasuki usia 6 bulan sahabat ASI dapat memberikan makanan pendamping ASI jika merasa kewalahan dalam memenuhi kebutuhan ASInya.

Namun harus diperhatikan bahwa sistem pecernaan bayi yang belum kuat, makanan pendamping ASI yang diberikan juga harus menyesuaikan.