Jadwal Pemberian ASI Pada Bayi Baru Lahir

ASI merupakan makanan terbaik bagi buah hati, sahabat asi tentu telah mengetahui akan hal ini. Meskipun sekarang ada banyak susu formula pengganti ASI, namun penelitian mengatakan, ASI masih tetap unggul dibanding makanan maupun susu formula lain.

Sistem kekebalan bayi di tahun pertama belum sempurna. ASI memberikan nutrisi  yang sangat sempurna untuk pertumbuhan buah hati dan dapat mencegah penyakit hingga kematian bayi.

Sesaat setelah melahirkan, sahabat asi akan menghasilkan kolostrum yang sangat berguna untuk daya tahan tubuh bayi. Sehingga pada periode tersebut bayi harus sesegera mungkin diberikan ASI.

Dalam hal ini tidak ada jadwal khusus pemberian ASI pada bayi, sahabat asi dapat memberikannya kapanpun, dengan frekwensi lebih sering akan lebih baik.

Perlu Sahabat ASI ingat bahwa ketika sedang tertidur pun bayi membutuhkan ASI untuk pertumbuhannya. Sahabat asi dapat membangunkan bayi setiap 1,5 – 2 jam untuk kemudian disusui.

Ketika menyusui, upayakan mulut bayi untuk terbuka lebar dan mencakupi sebagian besar areola, tidak hanya sekedar menggantung di puting. Posisi bibir atas dan bawah membuka ke luar, dagu menempel pada payudara dan pipi tampak penuh. Berikan ASI pada buah hati secara intens terutama di malam hari karena itu saat hormon prolaktin atau hormon penghasil ASI lebih banyak diproduksi pada malam hari, sehingga ASI yang dapat diterima oleh buah hati akan semakin banyak.