Cara Menyimpan Botol Kaca ASI di Freezer

Untuk Sahabat ASI yang sedang bingung bagaimana cara menyimpan botol kaca ASI di freezer, berikut ini adalah tips yang dapat diikuti:

  1. Siapkan wadah penampung ASI yang mudah disterilkan, biasanya berupa botol bertutup rapat yang terbuat dari bahan tahan panas, seperti botol kaca.
  2. Hidari penggunaan botol kaca ASI yang berwarna atau bergambar, sebab akan ada kemungkinan catnya meleleh jika terkena panas.
  3. Sebaiknya gunakan wadah yang volumenya sesuai dengan kebutuhan bayi untuk sekali minum, misalnya 125 ml.
  4. Bila ASI perah akan digunakan dalam waktu 1 minggu atau lebih, maka ASI perah tersebut harus segera didinginkan dalam lemari pendingin selama 30 menit, lalu dibekukan pada suhu -18 derajat celcius atau lebih rendahpada bagia freezer. ASI yang sudah dibekukan dalam freezer dapat disimpan antara 3 – 6 bulan.
  5. Simpanlah ASI di lemari pendingin bagian tengah atau di bagian terdalam freezer, sebab lokasi-lokasi tersebut memiliki temperatur yang lebih dingin dan konstan jika dibandingkan pada bagian pintu.
  6. Jangan menyimpan ASI pada rak yang menempel di pintu lemari pendingin karena temperatur di tempat ini mudah berubah ketika pintu dibuka dan ditutup.
  7. Beri label pada setiap botol kaca ASI yang berisi keterangan kapan ASI tersebut diperah.
  8. Jangan mengisi penuh wadah penampung ASI, sebab ASI akan memuai saat membeku. Setidaknya sisakan kurang lebih ¼ bagian kosong.