Cara Menyimpan ASI Dalam Botol Kaca ASI

Sebelum memutuskan untuk memberikan ASI perah dalam botol, sahabat ASI tentu harus mengetahui terlebih dahulu, bagaimana cara menyimpan ASI dalam botol kaca ASI yang baik dan benar. Nah berikut ini adalah tips yang dapat sahabat ASI ikuti:

  1. Botol kaca untuk menyimpan ASI harus benar-benar steril dan memastikannya tidak terkontaminasi dengan bakteri atau jamur. Ini adalah syarat mutlak dalam penyimpanan ASI perah. Bersihkan terlebih dahulu botol dengan air mendidih, atau dapat pula dengan menggunakan sterilizer khusus.
  2. Ketika sahabat ASI mulai memerah ASI di tempat kerja, maka ASI tersebut hanya akan bertahan selama 10 jam bila dalam kondisi suhu ruangan. Namun jika sahabat ASI memiliki alat untuk menyimpan ASI yang ada esnya maka, akan bisa bertahan selama 24 jam sebelum akhirnya disimpan dalam freezer. Sedangkan bila dalam kondisi dibekukan dalam freezer maka ASI akan dapat bertahan hingga 3-6 bulan.
  3. Terapkan sistem first in first out untuk meghindari ASI perah dalam botol kaca terlalu lama dalam tempat penyimpanan.
  4. Jangan lupa untuk memberikan label tanggal dan bulan pada otol kaca ASI yang digunakan sebagai penampung ASI perah. Ini penting untuk mengetahui kapan waktu pemerahannya dan memperkirakan kapan ASI akan rusak, sehingga dapat diberikan lebih dulu.