Cara Memerah ASI

Apakah saat ini Sahabat ASI sedang bingung karena masa cuti sebetar lagi usai dan masih ingin tetap memerikan ASI eksklusif pada buah hati tercinta. ASI Perah merupakan solusinya, lantas bagaimana cara memerah ASI dengan baik agar dapat diperoleh hasil yang maksimal? berikut akan kita kupas bagaimana cara memerah ASI yang benar.

Pertama adalah dengan menetapkan jadwal rutin, konsistensi waktu memerah ASI. Menerapkan jadwal rutin merupakan salah satu strategi agar mendapat refleks pengeluaran ASI yang optimal.

Apabila jadwal memerah telah lewat, maka sebaiknya tetap upayakan untuk memerah, karena pengosongan payudara merupakan salah satu cara untuk menjaga produksi ASI agar tetap lancar. Sedikit meleset dari jadwal tidak akan menjadi masalah asalkan jangan ditunggu sampai payudara bengkak. Pada awal-awal memerah ASI, mungkin jumlah yang diperoleh masih sedikit dan belum sesuai. Anda tak boleh putus asa. Untuk menjadi terampil, memang butuh waktu dan latihan.

Sebelum melakukan perah ASI, pilihlah tempat yang nyaman dan aman. Sekitar dua sampai lima menit sebelum mulai memerah, cobalah untuk relaksasi sejenak. Gunakan pompa ASI yang paling nyaman menurut Sahabat ASI. Pengeluaran ASI oleh pompa ASI memang tidak akan selancar ketika menyusui secara langsung, namun dapat dimaksimalkan dengan memberikan pijatan lembut pada payudara. Rekatkan wadah ASI dengan label tanggal ASI diperah untuk menghindari terjadinya pemberian ASI yang telah rusakkarena terlalu lama disimpan.