Cara Memberikan ASI Perah

Asi perah merupakan solusi terbaik bagi Sahabat ASI yang bekerja namun ingin memberikan ASI eksklusif pada buah hati. Akan tetapi Sahabat ASI mengalami kesulitan dalam memberikan atau menyajikan ASI perah tersebut pada buah hati.

Sebaiknya tidak memberikan ASI perah dengan botol/dot, karena hal ini dapat menyebabkan bayi “bingung puting”. Sahabat ASI dapat menggunakan cangkir atau sendok, sehingga saat ibu menyusui secara langsung, maka buah hati tidak akan menolak.

Ketika hendak mencairkan ASI perah yang disimpan di lemari pendingin pada suhu 4 derajat Celcius, sebaiknya Sahabat ASI tidak mencairkannya di atas kompor ataupun menggunakan microwave. Ini karena suhu yang terlalu tinggi dapat merusak kandungan gizi yang ada pada ASI. Jika Sahabat ASI ingin mencairkan ASI yang beku, siapkan ASI satu jam sebelum waktu menyusui tiba. Hangatkan dengan cara memegang wadah tersebut di bawah air mengalir yang hangat, Sahabat ASI juga dapat merendamnya dalam mangkuk yang berisi air hangat dan secara bertahap tingkatkan suhu air sampai ASI cair dan hangat.

Jangan lupa untuk mengocok wadah penampung ASI sebelum memberikannya pada buah hati. Untuk menyajikannya, Sahabat ASI dapat menggunakan cangkir atau sendok. Jika masih ada sisa ASI, sebaiknya Sahabat ASI tidak menyimpan atau membekukan ulang sisa ASI tersebut karena dapat menimbulkan resiko diare pada buah hati.