Berapa Rentang Waktu yang Baik untuk Memberikan ASI

Tidak ada patokan berapa lama jeda waktu dalam memberikan ASI untuk buah hati kita. Semua itu tergantung pada masing-masing bayi, ada bayi yang menyusui setiap setengah jam sekali ada yang setiap satu jam sekali, tergantung kebutuhan bayi. Bahkan ada beberapa bayi yang hanya sedikit saat menyusui namun rentang waktunya sangat dekat bisa sampai 15 menit sekali, yang perlu diingat adalah jika bayi terlalu lama tidak menyusui kita yang harus melakukan inisiatif dalam memberikan ASI.

Selama dalam 6 bulan pertama kita rutin memberikan ASI dan tidak dicampur dengan susu formula itu akan baik bagi perkembangan si bayi. ASI mengandung banyak sekali manfaat yang dibutuhkan sang bayi dan selama menyusui ibu harus banyak mengkonsumsi makanan dan vit untuk mendukung lancarnya ASI yang diberikan.

Sesering apapun kita dalam memberikan ASI tidak perlu khawatir karena itu merupakan kebutuhan si bayi, dan kebutuhan itu pasti berbeda-beda pada setiap bayi. Seiring semakin besar si bayi biasanya akan mulai jauh rentang menyusui bisa sampai 2 sampai 3 jam sekali. Kita juga tidak perlu khawatir bahwa air susu akan habis, karena payudara akan beradaptasi dalam memproduksi ASI yang dibutuhkan untuk buah hati tercinta kita.