Berapa Lama ASI Bisa Disimpan Dalam Botol Kaca ASI?

Perlu sahabat ASI ketahui bahwa ASI yang masih segar mengandung kolostrum yang tinggi.

Kemudian pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah berapa lama ASI bisa disimpan dalam botol kaca ASI? ASI yang segar ini dapat bertahan kesegarannya selama kurang lebih 12 jam jika berada dalam suhu kurang dari 25 derajat celcius.

Sementara dalam suhu ruangan 15 derajat celcius, ASI dapat bertahan hingga 24 jam, pada suhu ruangan 19 hingga 22 derajat celcius hanya akan dapat mempertahankan ASI selama 10 jam dan jika berada pada suhu ruangan 26 derajat celcius ASI hanya akan bertahan 4 hingga 6 jam.

Berbeda lagi jika sahabat ASI menyimpannya pada lemari pendingin pada suhu 0-4 derajat celcius, maka ASI dapat bertahan 3 hingga 8 hari.

Atau dalam kata lain, untuk lemari es dengan freezer 1 pintu, maka ASI bisa bertahan selama 2 minggu, sedangkan untuk lemari es dengan freezer 2 pintu ASI dapat bertahan dalam 3 sampai 4 minggu.

Namun jika sahabat ASI menggunakan freezer khusus yang bersuhu kurang dari -18 derajat celcius ASI dapat bertahan hingga 3-6 bulan.

Namun perlu diperhatikan bahwa ASI yang telah dimasukkan dibekukan, apabila sudah dicairkan harus langsung diminum habis dan jangan disimpan kembali.