Adakah Pengaruh Ukuran Botol Dengan Kualitas Asi Yang Disimpan?

Sebelum memulai pemerahan dan penyimpanan ASI dalam botol, tentu Sahabat ASI harus mengetahui beberapa hal, mulai dari cara memilih botol yang baik, cara memerah ASI, cara menyimpan hingga yang tidak kalah penting adalah mengetahui takaran secara benar, untuk mengetahui apakah ada pengaruh ukuran botol dengan kualitas ASI yang disimpan.

Pada dasarnya tidak ada pengaruh secara signifikan terkait ukuran botol dan kualitas ASI. Namun alangkah baiknya jika Sahabat ASI menggunakan botol untuk ukuran yang pas, tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Biasanya botol ini berukuran 120ml dengan pengisian 100ml. Penting untuk menyisakan sedikit ruang untuk proses pembekuan ketika disimpan di freezer nanti, sebab proses ini akan membuat ASI akan memuai dan membutuhkan ruang lebih, jika tidak maka dapat mengakibatkan botol kaca mengalami retak bahkan pecah.

Lalu mengapa harus ukuran 100ml? Karena ini adalah porsi yang pas untuk bayi sekali minum. Sehingga ASI dapat langsung habis dan tidak bersisa. Sebab sisa ASI yang diberikan kepada bayi, apalagi yang telah melalui proses pembekuan dan penghangatan sudah tidak layak untuk disimpan kembali. Sebagian berpendapat bahwa botol yang terlalu besar dan tidak terisi ASI perah secara penuh dapat mempengaruhi kualitas ASI, karena dikhawatirkan akan ada zat-zat tertentu dalam ASI memuai dan hilang.