5 Kendala Menyusui

Sahabat ASI, tentu tahu bahwa menyusui bayi merupakan momen penting yang tidak boleh dilewatnya. Namun seringkali upaya in tidak berjalan mulus, ada saja kendala yang muncul. Berikut adalah 5 kendala yang sering terjadi dalam periode menyusui dan solusinya:

Terasa Sakit Saat Menyusui

Apabila ibu mengalami ini pada awal proses menyusui, ini merupakan hal yang wajar, terutama bagi para ibu baru. Solusinya adalah dengan mengatur posisi yang benar dan buat senyaman mungkin. Namun apabila posisi sudah benar dan proses menyusui masih menyakitkan bisa disebabkan oleh puting ibu  yang kering.

Puting Retak dan Kering

Penyebabnya seringali karena kulit kering, kesalahan saat memompa ASI, atau kesalahan posisi menyusui. Solusinya adalah dengan cek posisi menyusui. Cukup bersihkan puting yang luka dengan air dan jangan menggunakan cream atau sabun yang tidak direkomendASIkan. Cairan ASI juga dapat membantu menyembuhkan luka.

 Saluran ASI Tersumbat

Penyumbatan saluran ASI biasanya terjadi karena payudara yang terlalu penuh oleh ASI yang lama tidak dikeluarkan. Solusinya adalah dengan beristirahat cukup. Kompres payudara dengan air hangat dan pijat payudara untuk menstimulasi penyaluran ASI.

Payudara Bengkak

Jika sahabat ASI mengalami bengkak pada payudara, sebaiknya berikan pijatan lembut sebelum menyusui agar ASI keluar dengan lancar dan payudara jadi tidak terlalu kencang.

Ibu Bekerja

Sebagai wanita karir, sahabat asi seringkali mengalami persoalan manajemen laktasi. Terutama ketika masa cuti habis dan sudah harus kembali bekerja. Solusi untuk kendala ini adalah dengan menggunakan asi perah. Memerah asi dapat dilakukan setelah makan siang, sebelum jam istirahan habis. Gunakan jari atau alat perah.