4 Tanda Bayi terpenuhi dengan ASI yang cukup

Terpenuhinya ASI buah hati tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Mom’s. Dengan demikian kekhawatiran Mom’s terhadap tumbuh kembang buah hati cukup berkurang, bukan? Tetapi, tahukah Mom’s tanda bayi telah terpenuhi kebutuhan ASInya? Ternyata ada beberapa tanda untuk mengetahui bahwa buah hati telah mendapatkan ASI yang cukup. Apa saja tanda tanda tersebut? Yuk, cari tahu dengan membaca penjelesan di bawah ini!


  1. Cek Berat Badan Buah Hati


Berat badan buah hati di minggu pertamanya akan mengalami penurunan. Ini keadaan yang normal yang akan dialami buah hati. Setelah dua minggu berikutnya, buah hati akan mengalami peningkatan pada berat badannya karena ASI yang dikonsumsi telah tercukupi. Mom’s bisa memeriksakan secara rutin pertumbuhan dan perkembangan buah hati ke dokter atau bidan kepercayaan Mom’s.

  1. Perhatikan Waktu atau Frekuensi Menyusu Buah Hati


Dengan bertambahnya umur tentu asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh buah hati juga bertambah. Dengan mengukur perubahan frekuensi menyusu pada buah hati, maka Mom’s akan mengetahui bahwa buah hati tumbuh dengan optimal dan ASI yang Mom’s berikan memberikan dampak yang baik pada tumbuh kembangnya. Mom’s harus peka terhadap perubahan frekuensi menyusu buah hati, ya agar tahu bahwa ASI Mom’s telah memenuhi kebutuhan buah hati.

  1. Sering Buang Air Kecil


Seberapa sering Mom’s mengganti popok buah hati bisa menjadi ukuran bahwa buah hati sering buang air kecil. Ini menandakan bahwa buah hati memiliki frekuensi menyusu yang baik. Mom’s akan sering mengganti popok buah hati yang baru lahir kira kira 6 kali sehari. Seiring bertambahnya umur, tentu penggantian popok akan semakin sering Mom’s lakukan. Selain itu, perhatikan pula perubahan warna tinja buah hati ya Mom’s. Hal ini untuk memastikan ada atau tidaknya masalah kesehatan pada buah hati. Tinja buah hati yang sehat memiliki warna kuning yang sedikit keemasan.

  1. Pantau Aktivitas Buah Hati


Buah hati yang sehat dan memiliki asupan gizi yang cukup ternyata memiliki tingkat keaktifan yang lebih tinggi dari buah hati yang tidak sehat. Ini bisa menjadi patokan bagi Mom’s untuk mengetahui apakah buah hati sudah terpenuhi gizinya atau belum. Buah hati yang memiliki aktivitas yang beragam menunjukkan pula bahwa kecerdasan buah hati meningkat dengan optimal. Maka, pantau terus aktivitas buah hati ya Mom’s agar tahu apakah asupan ASI bagi buah hati sudah terpenuhi.

Jika Mom’s menemui adanya masalah atau perubahan yang tidak baik pada perkembangan buah hati, segera komunikasikan dengan dokter. Mom’a perlu cepat tanggap jika buah hati tidak tumbuh dengan baik. Jangan menunda pengobatan jika memang itu diperlukan agar buah hati terjaga kesehatannya.

Related Posts

ALAMAT

Jalan Boulevard Selatan, Ruko Emerald Blok UC-11, Summarecon, Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi – Jawa Barat 17134

INFORMASI

KONTAK KAMI

  • marketing@bka.co.id

SOCIAL MEDIA

CHAT US

2018 © bka All Rights Reserved.